Minggu, 03 April 2011

PENGENALAN ANDROID

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Dalam satu dekade terakhir, perkembangan teknologi sangatlah pesat. Baik dalam dunia komputer, komunikasi, dan lain-lain. Khususnya dalam hal komunikasi, saat ini hampir setiap orang memiliki handphone. Fungsi handphone bukan hanya sekedar pelengkap saja tetapi sudah menjadi kebutuhan. Seiring dengan berjalannya waktu, perlahan-lahan smartphone mulai menggantikan handphone konvensional. Hal ini bukan tanpa alasan, selain memiliki fungsi yang lebih banyak, harga yang semakin terjangkau juga menjadi faktor pendukung.

Beberapa tahun belakangan, smartphone mulai digandrungi oleh masyarakat. Hal ini dimulai saat Apple merilis iPhone ke pasaran. Dengan fitur-fitur canggih yang dimilikinya, menyebabkan smartphone ini laris dipasaran. Seiring dengan kesuksesan Apple tersebut, banyak vendor global mengikuti jejak Apple sehingga menyebabkan persaingan yang sangat ketat. Banyak cara yang dilakukan vendor global tersebut untuk menyaingi kesuksesan Apple, mulai dari fitur yang ditawarkan, hingga harga yang terjangkau. Melihat kesuksesan tersebut, Google yang sejatinya bergerak dalam bidang mesin pencari (Search Engine) mulai melakukan inovasi baru. Dimulai dengan mengakuisisi Android Inc, Google yang bekerjasama dengan OHA (Open Handset Alliance) mengembangkan sebuah sistem operasi terbuka yang ditujukan untuk smartphone. Ternyata dengan sistem operasi Androidnya secara perlahan Google mulai menjadi saingan terberat Apple dalam kancah smartphone.

Dengan banyaknya kelebihan pada smartphone tersebut, tidak mengherankan kepopuleran smartphone melewati ponsel-ponsel konvensional yang beredar dipasaran. Fitur-fitur yang disematkan kedalam smartphone tersebut menjadi salah satu faktor pendorong suksesnya smartphone di pasaran. Apabila pada tahun 90-an fungsi handphone hanya sebatas telepon dan SMS saja, kini bisa juga digunakan untuk mengirim MMS, menonton TV, memutar musik, menonton video, berselancar didunia maya, mengecek e-mail, chatting, dsb.

Dengan kelebihan-kelebihan yang ada pada smartphone tersebut, banyak orang yang tertarik untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi untuk smartphone. Namun, tidak semua platform pada smartphone dapat dikembangkan secara bebas. Dari sekian banyak sistem operasi yang ada seperti Symbian (Nokia), Windows Phone (Windows), BlackberryOS (Blackberry), iOS (Apple), Bada (Samsung), yang bisa dikembangkan secara bebas adalah smartphone berbasis Android.

Android merupakan sistem operasi yang di release oleh Google. Kelebihan Android yang paling menonjol dari sistem operasi lainnya salah satunya adalah sistem operasinya yang bersifat terbuka, dengan kata lain siapapun dapat mengembangkan aplikasi untuk Android ini. Selain itu, Google juga secara rutin mengeluarkan update terbaru. Mulai dari 1.5 (cupcake), 1.6 (Donut), 2.1 (Eclair), 2.2 (Froyo), 2.3 (Gingerbread), hingga yang terbaru 3.0 (Honeycomb) yang dikhususkan untuk Tablet PC. Tentunya dengan kehadiran update tersebut akan meningkatkan performa dan fungsionalitas smartphone Android itu sendiri. Mungkin inilah salah satu sebabnya smartphone Android mengalami perkembangan yang sangat pesat belakangan ini. Dengan banyaknya para developer yang mengembangkan Android tentunya banyak sekali aplikasi yang tersedia untuk digunakan para user.

TUJUAN

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memberikan gambaran secara umum tentang sistem operasi Android beserta kelebihan dan kekurangannya.


MANFAAT

Penulisan ini dapat dimanfaatkan sebagai media informasi bagi pembaca tentang sistem operasi Android.


PEMBAHASAN

Android merupakan subset perangkat lunak untuk perangkat mobile yang meliputi sistem operasi, middleware dan aplikasi inti yang direlease oleh Google. Sedangkan Android SDK (Software Development Kit) menyediakan Tools dan API yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi pada platform Android dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.

Dikembangkan bersama antara Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, NVIDIA yang tergabung dalam OHA (Open Handset Alliance) dengan tujuan membuat sebuah standar terbuka untuk perangkat bergerak (mobile device).

Pada Juli 2000, Google mengakuisisi Android Inc. sebuah perusahaan startup yang berbasis di Palo Alto California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, diantaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak orang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler.

Sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintar GSM yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010).

Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat bergerak (mobile) yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.

Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.


Kelebihan Sistem Operasi Android

Jika dibandingkan dengan sistem operasi lain, Android mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan sistem operasi lain. Diantaranya :

  • Bersifat open source

Salah satu kelebihan yang menonjol dari Android adalah sistem operasinya yang bersifat terbuka. Dengan kata lain siapapun dapat secara bebas mengembangkan sistem operasi tersebut. Semua aplikasi yang dibuat untuk Android akan memiliki akses yang setara dalam mengakses seluruh kemampuan handset, tanpa membedakan apakah itu merupakan aplikasi inti atau aplikasi pihak ketiga. Dengan kata lain dengan platform Android ini, Programer dan Developer secara penuh dapat mengkustomisasi perangkat Androidnya.

  • Setiap versi bertambah baik

Dalam perkembangannya Google secara rutin mengeluarkan update-update terbaru dari sistem operasi Android. Dengan update tersebut biasanya akan ada penambahan fitur-fitur baru atau penyempurnaan fitur yang sudah ada.


  • User interface interaktif

Salah satu daya tarik dari ponsel Android adalah antar mukanya yang interaktif. Bahkan setiap vendor mempunyai user interface yang berbeda-beda. Sehingga user tidak akan merasa bosan saat mengakses fitur yang ada pada ponsel Android.

  • Didukung penuh oleh layanan Google

Dengan adanya layanan Google, maka kita dapat mengakses Gmail, Youtube, Google Maps, dll secara langsung dari ponsel Android.

  • Tersedianya banyak aplikasi di Android Market

Karena sifatnya yang open source maka tidak heran jika banyak sekali aplikasi-aplikasi yang tersedia di Android Market. Android Market merupakan toko aplikasi online yang dikembangkan oleh Google untuk aplikasi Android. Saat ini diperkirakan ada lebih dari 100.000 aplikasi yang terdapat di Android Market. Dari angka tersebut lebih dari 50% aplikasi dapat diunduh secara gratis.


Kelemahan Sistem Operasi Android

Selain mempunyai banyak kelebihan seperti yang disebutkan diatas, Android juga mempunyai beberapa kelemahan. Diantaranya :

  • Boros Pulsa

Salah satu kelemahan Android yang patut menjadi bahan pertimbangan konsumen adalah banyaknya pemakaian pulsa pada Android. Hal ini disebabkan karena sistem operasi ini melakukan update secara rutin guna memperbaiki kinerja ponsel. Namun hal ini dapat disiasati dengan cara mengubah settingan pada ponsel tersebut agar tidak selalu terkoneksi dengan internet

  • Boros Baterai

Tidak dapat dipungkiri, dengan segala fitur canggih yang dimilikinya maka akan memakan daya yang tidak sedikit. Selain itu, update rutin yang dilakukan oleh ponsel ini juga menjadi salah satu penyebab borosnya baterai pada ponsel Android.


KESIMPULAN

Dengan kehadiran sistem operasi Android membuat persaingan antar sistem operasi semakin ketat. Dengan segala kelebihan yang dimilikinya besar kemungkinan sistem operasi ini akan menguasai pasar smartphone yang sedang berkembang sekarang ini.


DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Android_%28sistem_operasi%29

Tidak ada komentar:

Posting Komentar