Jumat, 06 April 2012

Cocomo

Constructive Cost Model (COCOMO) Merupakan algoritma estimasi biaya perangkat lunak model yang dikembangkan oleh Barry Boehm. Model ini menggunakan rumus regresi dasar, dengan parameter yang berasaldari data historis dan karakteristik proyek-proyek saat ini.
COCOMO terdiri dari tiga bentuk hirarki semakin rinci dan akurat. Tingkat pertama, Basic COCOMO adalah baik untuk cepat, order awal, kasarestimasi besarnya biaya perangkat lunak, namun akurasinya terbatas karena kurangnya factor untuk memperhitungkan perbedaan atribut proyek (Cost Drivers). Intermediate COCOMO mengambil Driver Biaya ini diperhitungkan dan Rinciantambahan COCOMO account untuk pengaruh fase proyek individu.

1. COCOMO dasar

menghitung usaha pengembangan perangkat lunak (dan biaya) sebagai fungsi dari ukuran program. Program size is expressed in estimated thousands of lines of code ( KLOC ) Ukuran program dinyatakan dalam ribuan estimasi baris kode ( KLOC )
COCOMO applies to three classes of software projects: COCOMO berlaku untuk tiga kelas proyek perangkat lunak:

* Organic projects - "small" teams with "good" experience working with "less than rigid" requirements Organik proyek - "kecil" tim dengan pengalaman "baik" bekerja dengan "kurang dari kaku" persyaratan
* Semi-detached projects - "medium" teams with mixed experience working with a mix of rigid and less than rigid requirements Semi-terpisah proyek - "sedang" tim dengan pengalaman bekerja dicampur dengan campuran persyaratan kaku kaku dan kurang dari
* Embedded projects - developed within a set of "tight" constraints (hardware, software, operational, ......) Embedded proyek - dikembangkan dalam satu set "ketat" kendala (hardware, software, operasional, ......)

2. Intermediate COCOMO

Intermediate COCOMO menghitung usaha pengembangan perangkat lunak sebagai fungsi ukuran program dan sekumpulan "cost drivers" yang mencakup penilaian subjektif produk, perangkat keras, personil dan atribut proyek. This extension considers a set of four "cost drivers",each with a number of subsidiary attributes:- Ekstensi ini mempertimbangkan satu set empat "cost drivers", masing-masing dengan sejumlah atribut anak.

*Product attributes Atribut produk
o Required software reliability Perangkat lunak yang disyaratkan reliabilitas
o Size of application database Ukuran database aplikasi
o Complexity of the product Kompleksitas produk
*Hardware attributes Hardware atribut
o Run-time performance constraints Run-time kinerja kendala
o Memory constraints Memori kendala
o Volatility of the virtual machine environment Volatilitas lingkungan mesin virtual
o Required turnabout time Diperlukan waktu pembalikan haluan
* Personnel attributes Personil atribut
o Analyst capability Analis kemampuan
o Software engineering capability Kemampuan rekayasa perangkat lunak
o Applications experience Aplikasi pengalaman
o Virtual machine experience Mesin virtual pengalaman
o Programming language experience Bahasa pemrograman pengalaman
* Project attributes Proyek atribut
o Use of software tools Penggunaan perangkat lunak
o Application of software engineering methods Penerapan metode rekayasa perangkat lunak
o Required development schedule Diperlukan jadwal pengembangan

3. Detil COCOMO

Detil COCOMO menggabungkan semua karakteristik versi intermediate dengan penilaian dampak cost driver di setiap langkah (analisis, desain, dll) dari proses rekayasa perangkat lunak 1. the detailed model uses different efforts multipliers for each cost drivers attribute these Phase Sensitive effort multipliers are each to determine the amount of effort required to complete each phase. model rinci kegunaan yang berbeda upaya pengali untuk setiap driver biaya atribut tersebut Sensitif pengganda Tahap upaya masing-masing untuk menentukan jumlah usaha yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tahap.

In detailed COCOMO, the effort is calculated as function of program size and a set of cost drivers given according to each phase of software life cycle. Pada COCOMO rinci, upaya dihitung sebagai fungsi dari ukuran program dan satu set driver biaya yang diberikan sesuai dengan tiap tahap siklus hidup rekayasa perangkat lunak. The phases used in detailed COCOMO are requirement planning and software design, detailed design, code and unit test, and integration testing. Fase yang digunakan dalam COCOMO rinci perencanaan kebutuhan dan perancangan perangkat lunak, perancangan detil, kode dan menguji unit, dan pengujian integrasi.

Sumber :

http://ririndisini.wordpress.com/2011/04/13/cocomo/

http://forum.unda.ac.id/index.php?action=printpage;topic=895.0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar