Sabtu, 31 Oktober 2009

Keterkaitan Antara SDM Dan Teknologi

Di dalam sebuah perusahaan, banyak faktor yang mempengaruhi maju mundurnya suatu perusahaan. Salah satu faktor tersebut adalah sumber daya. Peranan sumber daya pada suatu perusahaan / organisasi sangatlah penting, baik itu sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Disini peranan manajemen sangatlah penting dalam menyaring sumber daya yang benar – benar memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan. Apabila manajemen salah dalam memilih sumber daya yang dibutuhkan perusahaan maka dapat berakibat buruk bagi kelangsungan perusahaan. Perusahaan yang tidak mempunyai sumber daya maka perusahaan tersebut tidak akan dapat berjalan.


Kemajuan dan perkembangan IPTEK dalam beberapa dekade terakhir ini sangatlah pesat. Hal ini membuat peranan manusia digantikan oleh mesin. Menyebabkan lapangan kerja yang tersedia menjadi semakin sedikit dan persaingan dalam mendapatkan pekerjaan semakin berat. Oleh karena itu, hanya sumber daya manusia yang berkualitas sajalah yang mampu bertahan dalam persaingan yang sangat ketat ini.


Teknologi merupakan salah satu komponen penting di dalam sebuah perusahaan. Hampir mustahil perusahaan atau organisasi menjalankan usahanya tanpa adanya teknologi di masa sekarang ini. Karena Teknologi sudah menjadi suatu komponen yang tak terpisahkan dari sebuah perusahaan dan merupakan salah satu unsur terpenting dalam menjalankan kegiatan perusahaan. Untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yang menguasai teknologi tersebut. Dengan adanya sumber daya manusia yang menguasai teknologi tersebut maka kualitas produksi suatu perusahaanpun dapat ditingkatkan. Di sisi lain, Teknologi akan sia-sia jika sumber daya manusianya tidak dapat memanfaatkan teknologi tersebut. Oleh sebab itu, keterkaitan antara sumber daya manusia dengan teknologi sangatlah erat. Sehingga dibutuhkan sumber daya manusia yang berkompeten dan mampu menguasai teknologi agar perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar