Minggu, 25 Oktober 2009

Struktur Organisasi

Pada jaman dahulu, manusia merupakan mahluk yang individu. Seiring dengan perkembangan jaman, dengan berkembangnya populasi manusia & tuntutan hidup dalam bermasyarakat, manusia mulai merasakan perlunya berorganisasi. Perkembangan organisasipun semakin kompleks ketika jumlah anggota semakin banyak dan ditambah lagi dengan jumlah anggota yang tersebar di berbagai tempat.Untuk itu perlu penanganan yang baik & terencana.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sebuah organisasi dapat berjalan dengan baik, yaitu :

- Management
Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Fungsi manajemen ada empat, yaitu:

  1. Perencanaan (planning)

  2. Pengorganisasian (organizing)

  3. Pengarahan (directing)

  4. Pengevaluasian (evaluating)

    - Sistem

    Sistem merupakan kumpulan dari elemen – elemen yang saling terhubung satu sama lain yang membentuk sebuah kesatuan. Manajemen yang baik memerlukan sistem yang dapat mengatur jalannya operasional perusahaan. Tanpa adanya sebuah sistem, maka perusahaan tidak akan berjalan dengan baik.


    - Sumber Daya Manusia

    Manajemen atau Sistem tidak akan berjalan dengan baik jikalau sumber daya manusia tidak dapat mendukungnya. Untuk itu diperlukan tenaga professional yang dapat mendukung berjalannya sebuah organisasi.


    - Dana Operasional

    Seperti kita ketahui setiap kegiatan organisasi tidak akan pernah terlepas dengan apa yang disebut dana. Tanpa adanya sumber dana sebuah organisasi tidak dapat dijalankan.

Faktor-faktor yang memengaruhi Struktur Organisasi

Strategi Organisasi

Di saat sekarang ini, persaingan antar perusahaan sangatlah ketat. Oleh sebab itu perusahaan haruslah mempunyai strategi yang jitu untuk dapat bertahan hidup. Perusahaan yang tidak mempunyai strategi, maka perusahaan tersebut akan kalah dalam bersaing dan pada akhirnya dapat menyebabkan kehancuran bagi perusahaan tersebut.

Skala Organisasi

Skala organisasi meliputi cakupan atau jangkauan suatu organisasi dalam menjalankan usahanya. Baik itu organisasi berskala kecil, menengah, ataupun besar.

Teknologi

Teknologi adalah komponen penting bagi keberhasilan organisasi. Apa jadinya kalau suatu organisasi atau perusahaan tidak memanfaatkan teknologi? Pasti perusahaan itu akan kesulitan menjalankan usahanya. Teknologi dapat berfungsi untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas perusahaan, dan juga dapat berfungsi sebagai pengambilan keputusan manajerial. Teknologi informasi berbasis internet menjadi salah satu unsur yang sangat penting yang dibutuhkan oleh sebuah organisasi untuk kesuksesan bisnis yang dijalaninya.

Lingkungan

Lingkungan perusahaan dapat didefinisikan sebagai faktor yang ada di luar dan faktor yang ada di dalam organisasi yang berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap jalannya organisasi perusahaan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar