Senin, 11 Januari 2010

AMD Tawarkan Chip Unik untuk Laptop


INILAH.COM, Jakarta - AMD menawarkan prosesor tiga inti (triple core) untuk laptop. Chip itu berperforma lebih cepat dari dual core namun lebih efisien dari quad core.

“Laptop hari ini memiliki prosesor dual-core ataupun quad-core. AMD menawarkan CPU dengan prosesor triple-core yang dapat menghadirkan kualitas laptop yang lebih cepat daripada dual-core namun juga lebih efisien daripada quad-core,” ujar Direktur Client Product Marketing AMD Bob Grim.

Penawaran AMD itu adalah yang pertama prosesor triple-core untuk laptop. AMD menawarkan prosesor triple-core ke dalam desktop dan hanya dual-core untuk laptop. Sedangkan Intel menawarkan dual-core dan quad-core baik untuk laptop maupun desktop.

“Laptop dengan prosesor dual-core memberikan performa bagus, tetapi dengan menambahkan satu ekstra core (inti) lagi akan mempercepat akselerasi performa,” ujar Grim.

Sebagai contoh, inti prosesor akan menambah kemampuan tugas yang lebih berat dengan sumberdaya baru seperti memindai virus sementara dua inti prosesornya melakukan pekerjaan lain. Chip triple-core juga akan memberikan opsi efisiensi tenaga yang lebih baik daripada chip quad-core Intel.

Chip tersebut juga akan menjadi bagian generasi terbaru platform laptop yang berkode nama Danube dan diproduksi dengan menggunakan proses 45 nanometer, yang akan membantu mencapai level integrasi perusahaan lebih tinggi. Platform dimaksud juga menyertakan prosesor dual-core dan quad-core dalam rencananya.

“Prosesor Danube didesain untuk meningkatkan akselerasi daya tahan baterai laptop lebih dari sejam,” ucap Grim. Selain itu perusahaan juga akan meluncurkan platform baru laptop super tipis yang disebut Nile. Chip Danube akan mendukung memori DDR3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar