Rabu, 06 Januari 2010

FUNGSI MANAJEMEN STRATEGIS 3

Manajemen strategis adalah seni dan ilmu penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan-keputusan lintas fungsional yang dapat memungkinkan suatu perusahaan mencapat sasarannya. Manajemen strategis adalah proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran tersebut, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi. Manajemen strategis mengkombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu bisnis untuk mencapai tujuan organisasi.

Manajemen strategis merupakan aktivitas manajemen tertinggi yang biasanya disusun oleh dewan direktur dan dilaksanakan oleh CEO serta tim eksekutif organisasi tersebut. Manajemen strategis memberikan arahan menyeluruh untuk perusahaan dan terkait erat dengan bidang perilaku organisasi.

Ada beberapa tugas perencanaan strategis :

  • Membentuk visi strategis

  • Menentukan tujuan strategis

  • Merumuskan strategi perusahaan

  • Implementasi dan pelaksanaan strategi

  • Evaluasi dan monitoring



Beberapa faktor pembentuk pemilihan strategi meliputi :

  • Faktor Eksternal

    • Ekonomi, sosial, politik dan regulasi pemerintah

    • Kondisi persaingan dan daya tarik industri

    • Peluang dan ancaman perusahaan

  • Faktor Internal

    • Kekuatan dan kelemahan perusahaan, kompetensi dan kapabilitas perusahaan

    • Ambisi dan filsafat bisnispersonal eksekutif utama

    • Share value dan kultur perusahaan



Referensi : - http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_strategis

- http://www.slideshare.net/RajaPresentasi/manajemen-strategi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar