Manajemen strategis adalah seni dan ilmu penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan-keputusan lintas fungsional yang dapat memungkinkan suatu perusahaan mencapat sasarannya. Manajemen strategis adalah proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran tersebut, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi. Manajemen strategis mengkombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu bisnis untuk mencapai tujuan organisasi.
Manajemen strategis merupakan aktivitas manajemen tertinggi yang biasanya disusun oleh dewan direktur dan dilaksanakan oleh CEO serta tim eksekutif organisasi tersebut. Manajemen strategis memberikan arahan menyeluruh untuk perusahaan dan terkait erat dengan bidang perilaku organisasi.
Ada beberapa tugas perencanaan strategis :
Membentuk visi strategis
Menentukan tujuan strategis
Merumuskan strategi perusahaan
Implementasi dan pelaksanaan strategi
Evaluasi dan monitoring
Beberapa faktor pembentuk pemilihan strategi meliputi :
Faktor Eksternal
Ekonomi, sosial, politik dan regulasi pemerintah
Kondisi persaingan dan daya tarik industri
Peluang dan ancaman perusahaan
Faktor Internal
Kekuatan dan kelemahan perusahaan, kompetensi dan kapabilitas perusahaan
Ambisi dan filsafat bisnispersonal eksekutif utama
Share value dan kultur perusahaan
Referensi : - http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_strategis
- http://www.slideshare.net/RajaPresentasi/manajemen-strategi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar