Senin, 11 Januari 2010

USB SuperSpeed 3.0 Akhirnya Diperkenalkan


INILAH.COM, Jakarta - Consumer Electronics Show untuk pertama kalinya menampilkan 17 produk dengan USB 3.0. Secara teoritis USB 3.0 memiliki spesifikasi 10 kali lebih cepat daripada USB 2.0.

Salah satunya mainboard yang mengimplementasikan USB 3.0 ini adalah milik Asus dan Gigabyte. Perangkat 3.0 ini tetap bisa digunakan pada port 2.0, walaupun konsekuensi performanya setara 2.0.

Peningkatan kemampuan yang ditawarkan oleh 3.0 sangatlah dramatis, secara teoritis 10 kali lebih cepat daripada perangkat keras USB 2.0 yang ada saat ini. USB 2.0 paling maksimalkan memiliki kecepatan 480 Mbps sementara USB 3.0 secara teoritis dapat menangani hingga 5Gbps.

USB 3.0 dapat digunakan sebagai alat bantu dalam aplikasi video definisi tinggi, musik dan gambar digital. Test awal menunjukkan bahwa performa berjalan baik dalam format SATA.

Produsen Western Digital adalah yang pertama kali mengumumkan, namun vendor lain yang hadir di perhelatan itu merencanakan akan membuat produk serupa misalnya Seagate, LaCie, Rocstor dan Iomega.

Bahkan vendor tradisional seperti Dane-Elec dan A-Data mempunya obsesi USB 3.0 bisa terhubung dengan hard-disk.

Chairman USB Implementers Forum Ravencraft mengatakan akan tersedia logo USB 3.0 untuk memastikan hanya perusahaan yang bersertifikasi yang berhak menerbitkannya.

“Kami akan mengambil langkah tegas bagi siapapun yang melanggar batas kami,” ujar Ravencraft.

Meskipun perkembangan perangkat pendukung USB 3.0 masih lama, namun ada beberapa produsen PC yang telah mengumumkan dukungan netbook yang mampu diakses dengan USB 3.0 yakni HP dan Fujitsu.

Notebook Taiwan dan pembuat desktop MSI mengindikasikan tidak akan membuat perangkat pendukung USB 3.0 hingga setidaknya kuartal ketiga 2010.

Sementara tahun ini baru USB 3.0 yang diumumkan dalam CES. Pada penyelenggaraan CES 2011 diharapkan akan ada perangkat elektronik konsumen spesifik seperti kamera atau kamera video yang menggunakan USB 3.0.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar