Rabu, 13 Januari 2010

Kereta Supercepat Hydrogen Super Highway Melesat 400 Km/Jam


(Vibizdaily - FYI) Kereta supercepat Hydrogen Super Highway, akan menggunakan teknologi yang dikembangkan Interstate Traveller Company dari AS. Kereta ini diklaim bisa melesat 400 km/jam. Rute Jakarta- Cirebon- Bandung bisa ditempuh satu jam kurang.

Berbeda dengan kereta peluru TGV Prancis dan Shinkansen Jepang yang bertenaga listrik, kereta baru ini nantinya bertenaga hidrogen. Dari situs resmi Interstate Traveller, Kamis (6/1/2010), mereka menyebutkan kereta jenis baru ini menggunakan banyak teknologi ramah lingkungan sekaligus. Kereta ini memakai tenaga matahari untuk mengolah hidrogen yang menjadi tenaga pendorong.

Kereta canggih ini akan memakai konsep fly over seperti monorel tapi dengan sepasang rel pararel. Rel ini akan memakai teknologi magnet sehingga roda kereta tidak pernah menyentuh rel dan rel akan lebih awet.

Rel kereta canggih ini pun akan memakai tiang penyangga. Di sepanjang bagian tengah rel akan dipasang panel surya sebagai sumber energi. Tiang ini dalam konsepnya juga didesain untuk berperan sebagai tiang listrik dan saluran air bersih.

Konsep yang dikembangkan Interstate Traveller adalah kereta berbentuk kapsul. Kereta ini bisa untuk membawa penumpang, mobil atau barang. Perusahaan ini mengklaim biaya pembangunannya murah dan cepat. Meski demikian rencana pembangunan jalur 357 km ini diperkirakan membutuhkan biaya US$ 3 miliar atau Rp 30 triliun.

Nah, untuk kecepatannya, Interstate menjamin kereta hidrogen ini melesat lebih cepat dari kereta peluru. Kereta hidrogen ini ditargetkan bisa mencapai kecepatan 400 km/jam. Wussh!

Sumber : http://vibizdaily.com/detail/fyi/2010/01/07/kereta_supercepat_hydrogen_super_highway_melesat_400_kmjam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar